Sabtu, 30 November 2013

أداب المتعلم و المعلم; Sebuah Local Wisdom


التعريف بالمؤلف
اسمه ونسبه:
هو محمد هاشم بن اشعرى بن عبد الواحد بن  عبد الحليم الملقب بفاعيران بناوا بن عبدالرحمن الملقب بجاكا تيعكير سلطان هادى ويجايا بن عبدالله بن عبد العزيز بن عبدالفتاح بن مولانا اسحق والد رادين عين اليقين المشهور بسونن كيرى التبوايرنجى الجنبانى

Profil Pengarang
Nama dan Nasab Pengarang:
Yaitu Muhammad Hasyim bin Asy’ari bin Abdul Wahid (yang dikenal dikenal dengan sebutan Pangeran Benowo) bin Abdur Rahman (yang dikenal dengan sebutan Joko Tingkir Sultan Hadiwijoyo) bin Abdullah bin Abdul Aziz bin Abdul Fatah bin Maulana Ishaq )ayah Raden ‘Ainul Yaqin yang biasa disebut Sunan Giri( Tebu Ireng Jombang.

الباب الثانى
فى اداب المتعلم فى نفسه وفيه عشرة انواع من الاداب
الاول ان يطهر قلبه من كل غش ودنس وغل وحسد وسوء عقيدة وسوء خلق , ليصلح بذلك لقبول العلم وحفظه والاطلاع على دقائق معانيه والفهم لغوامضه.


BAB II
Etika Orang yang Sedang Belajar
Etika orang yang sedang belajar ada 10 macam, yaitu :

1. Membersihkan hati dari setiap tipu daya, kotoran, prasangka buruk, dengki, keyakinan yang buruk, dan budi pekerti yang buruk. Hal tersebut supaya hati pantas untuk menerima dan menghafalkan ilmu, dapat memahami beberapa makna ilmu yang amat rinci, dan dapat memahami kesamaran-kesamaran  ilmu.


الثانى ان يحسن النية فى طلب العلم بان يقصد وجه الله عزوجل والعمل به واحياء الشريعة وتنويرقلبه وتحلية باطنه والتقرب من الله تعالى ولايقصد به الاعراض الدنيوية من تحصيل الرياسة والجاه والمال ومباهاة الاقران وتعظيم الناس له ونحوذلك
.
2. Niat yang baik dalam mencari ilmu yakni dengan tujuan mencari Ridlo Allah, me-ngamalkan ilmunya, meng-hidupkan hukum Islam, meng-hiasi batin, dan mendekatkan diri pada Allah. Ingat ! Janganlah mencari ilmu dengan tujuan keduniaan yaitu berhasil memperoleh kemimpinan, pangkat, harta benda, unggul dari teman-teman, dimuliakan orang-orang, dsb.


الثالث ان يبادر بتحصيل العلم شبابه واوقات عمره, ولايغتز بخدع التسويف والتاءميل فان كل ساعة تمرمن عمره لابدل لها ولاعوض عنها وان يقطع ما قدر عليه من العلائق الشاغلة والعوائق المانعة عن تمام الطلب و بذل الا جتهاد وقوة الجد فى التحصيل, فانها قواطع طريق التعلم

3. Bergegas dalam belajar (menghasilkan ilmu) pada waktu muda dan beberapa waktu disisa umur. Jangan terbujuk dengan bujukan untuk menunda-nunda dan sekadar angan-angan belaka. Maka sesungguhnya waktu yang telah lewat  tidak bisa diganti.  Dan hentikan sesuatu yang menyibukkan dan yang mencegah dari kesungguhan dalam mencari ilmu, keseriusan belajar, dan usaha yang keras untuk menghasilkan (ilmu). Maka sesungguhnya semua itu kesemuanya hanyalah pemutus dan penghalang proses belajar.

الرابع ان يقنع من القوت واللباس بما تيسر فبالصبر على ادنى العيش ينال سعة العلم وجمع شمل القلب من متفرقات الامال ويتفجر فيه ينابيع الحكم .قال امامنا الشا فعي الله عنه لايفلح من طلب العلم بعزة النفس وسعة المعيشة , رلكن من طلبه بذلة النفس وضيق العيش وخدمة العلماء افلح.

4. Menerima makanan dan pakaian dari sesuatu yang  mudah diperoleh. Maka dengan sabar atas sempitnya penghi-dupan luasnya ilmu, pemusatan pikiran (konsentrasi), dan pan-caran beberapa sumber hikmah bisa diperoleh. Imam Syafi’i berkata. ”Tidak beruntung orang yang mencari ilmu dengan harga diri dan keluasan penghidupan. Akan tetapi, beruntung bagi orang yang mencari ilmu dengan  diri yang hina, sempitnya penghidupan, dan melayani ulama’.

والخامس ان يقسم اوقات ليله ونهاره ويغتنم ما بقي من عمره , فان بقية العمر لاقيمة لها,
واجود الاوقات للحفظ الاسحار, للبحث الا بكار, وللكتابة وسط النهار, وللمطالعة والمذاكرة الليل, واجود اماكن الحفظ الغرف وكل موضع بعيد عن الملهيات ولا يحسن الحفظ بحضرة النبات والخضرة والانهار وضجيع الاصوات

5. Membagi  waktu malam dan siang dan mengambil kesempaan dari sisa umur yang ada. Maka sesungguhnya sisa umur itu tidak ternilai harganya. Sebaik-baiknya waktu yang digunakan untuk menghafal adalah waktu sahur. Untuk diskusi adalah waktu pagi, untuk menulis adalah waktu tengah hari, dan untuk muthola’ah serta mengingat-ingat (review) adalah waktu malam hari. Sebaik-baiknya tempat untuk menghafal adalah kamar dan tempat yang jauh dari hiburan. Tidak baik menghafal sesuatu di depan tumbuhan, hijau-hijauan, sungai-sungai, dan suara-suara yang bergemuruh.

والسادس ان يقلل الاكل والشرب فان الشبع
 يمنع من العبادة ويثقل البدن, ومن فوائد قلة الاكل صحة البدن ودفع الامراض البدنية, فان سببها كثرة الاكل وكثرة الشرب كما قيل :
فان الداء اكثر ما تراه # يكون من الطعام او الشراب
وصحة القلوب من الطغيان والبطر, ولم ير احد من الاولياء والائمة والعلماء الاخيار يتصف او يوصف بكثرة الاكل ولاحمد به, وانما تحمد كثرة الاكل من الدوات التي لاتعقل وترصد للعمل

6. Sedikit makan dan minum. Sesungguhnya kebanyakan makan bisa merintangi orang beribadah dan memberatkan badan. Termasuk faedah-faedah sedikit makan ialah badan yang sehat, dan mencegah penyakit dari tubuh, karena sesungguhnya sebab-sebab penyakit tubuh adalah dari kebanyakan makan dan minum, seperti disebutkan dalam syair:
“ Sesungguhnya kebanyakan penyakit seperti apa yang kamu lihat adalah berasal dari makan dan minum yang berlebihan”.
Dan  membersihkan hati dari kedzaliman dan sombong. Tidak  didapati dari para wali, imam, dan ulama pilihan yang mempunyai sifat diatas (banyak makan) dan hal tersebut amat tidak terpuji. Banyak makan itu lebih baik untuk ternak (kerbau dan sapi) yang tidak berakal dan digunakan untuk bekerja.

والسابع ان يؤاخذ نفسه بالورع والاحتياط في جميع شأنه ويتحرى الحلال في طعامه وشرابه ولباسه ومسكنه وفي جميع ما يحتاج اليه ليستنير قلبه ويصلح لقبول العلم ونوره والنفع به , وينبغى له ان يستعميل الرخص في مواضعها عند الحاجة اليها و وجود سببها, فان الله يحب ان تؤتى رحصه كما يحب ان تؤتى عزائمه.

7. Orang yang sedang belajar supaya menuntut dirinya dengan wira’i dan berhati-hati disemua tindak lakunya, memilah dan memilih sesuatu yang halal dalam hal makanan, minuman, pakaian, tempat ting-gal, dan segala kebutuhannya.
Semua itu supaya hati menjadi terang, cocok untuk menerima ilmu, cahaya ilmu, dan manfaat ilmu. Dan sebaiknya orang yang belajar untuk mengamalkan beberapa macam rukhshoh (Kemurahan) pada tempatnya ketika ada hajat (kebutuhan) yang memang diperbolehkan untuk melakukan rukhshoh, dan adanya sabab rukhshoh. Sesungguhnya Allah menyukai jika rukhshoh dari-Nya dilakukan seperti Allah menyukai jika ‘Azimah-Nya (hokum asli) dijalankan.

والثامن ان يقلل استعمال المطاعم التي هي من اسباب البلادة وضعف الحواس كالتفاح الخامض والباقلاء وشرب الخل وكذلك ما يكثر استعماله البلغم المبلد للذهن والمثقل للبدن ككثرة الالبان والسمك واشباه ذلك, وينبغي ان يجتنب ما يورث النسيان بالخاصية كاكل اثر سورالفأر وقراءة الواح القبور والدخول بين جملين مقطورين والقاء القمل حيا.
8. Orang yang sedang belajar supaya menyedikitkan memakan makanan yang menyebabkan kebodohan dan lemahnya panca indera, seperti apel yang asam, kacang-kacangan, meminum cukak. Dan seperti yang telah diuraikan tersebut yaitu berlebihan memakan makanan yang mengandung lendir yang bisa membuat akal bodoh dan memberatkan bagi tubuhnya seperti kebanyakan meminum susu dan ikan laut. Orang yang sedang belajar seyogyanya menjauhkan diri dari sesuatu yang menimbulkan lupa secara khusus seperti memakan sisa makanan yang dimakan tikus , membaca batu nisan kubur, berada diantara dua unta yang berdampingan, dan membuang kutu dalam keadaan hidup.

والتاسع ان يقلل نومه مالم يلحقه ضرر فى بدنه وذهنه ولايزيد فى نومه فى اليوم والليلة على ثمان ساعات وهو ثلث الزمان, فان احتمل حاله اقل منها فعل. ولابأس ان يريح نفسه وقلبه وذهنه ويصره اذا كل شيء من ذلك وضعف بتنزه وتفرج فى المتنزهات بحيث يعود الى حاله ولايضيع عليه

9. Orang yang sedang belajar supaya menyedikitkan tidurnya selagi tidak membahayakan bagi badan dan hatinya. Dan jangan menambahkan tidurnya sehari semalam lebih banyak dari delapan  jam. Delapan  jam adalah  sepertiga hari. Maka jika orang yang sedang belajar mampu lebih menyedikitkan dari keadaan yang semula yaitu delapan  jam, maka kerjakanlah. Dan tidak buruk mengistirahat-kan diri, hati, akal, dan penglihatan ketika lemas dan lelah dengan bertamasya, membebaskan diri di taman-taman, jika hal itu bisa menyegarkan (me-refresh) pikiran dan tidak menyia-nyiakan waktu pencari ilmu tersebut.

والعاشر ان يترك العشرة فان تركها من اهم ما ينبغي لطالب العلم ولاسيما لغير جنس خصوصا ان كثر لعبه وقلت فكرته. فان الطبع سراق. وافة العشرة ضياع العمر بغير فائدة وذهاب الدين اذا كان مع غير اهله,  فان احتاج الى من يصحبه فليكن صاحبا صالحا دينا تقيا ورعا زكيا كثير الخير قليل الشر حسن المروءة قليل الممارات ان نسي ذكر وان ذكر اعانه.

10. Orang yang sedang belajar supaya meninggalkan pergaulan, sebab meninggalkan pergaulan itu suatu perkara yang paling penting yang patut untuk para pencari ilmu. Apalagi bergaul dengan lain jenis secara khusus jika ia kebanyakan bermain, dan sedikit  berfikir, maka para penari ilmu itu akan terpengaruh olehnya.
Bahayanya pergaulan adalah sia-sianya umur dengan tanpa faedah dan hilangnya agama ketika orang yang sedang belajar bersama lain agama.
Maka jika orang yang sedang belajar butuh seseorang untuk menemaninya, maka orang tersebut harus menjadi teman yang baik, kuat agamanya, banyak taqwanya, wira’i, bersih, banyak kebaikan-nya, sedikit keburukannya, baik kepribadiannya, sedikit ber-bicara, ketika ia lupa temannya mengingatkan dan ketika ia ingat temannya membantunya.




Dimuat di majalah tahunan “EL_QUDSY” edisi 20/2012, diterbitkan oleh Persatuan Pelajar Qudsiyyah (PPQ).


Tidak ada komentar: